Home » » LAPORAN MAGANG

LAPORAN MAGANG

Written By Unknown on Jumat, 15 Februari 2013 | 2/15/2013 07:58:00 PM


Di Era keterbukaan informasi dan perkembangan teknologi seperti pada saat sekarang ini, terbukti telah banyak
 
BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
Di Era keterbukaan informasi dan perkembangan teknologi seperti pada saat sekarang ini, terbukti telah banyak menyumbangkan perubahan yang sangat signifikan dalam segala bidang.Perubahan itulah yang menuntut setiap individu agar lebih memperhatikan kualitas dan kemampuannya agar tetap dapat ikut bersaing dan menjadi bagian dari kemajuan zaman.
Dunia bisnis berkembang dengan sangat pesat dan dengan tingkat persaingan yang sangat kompetitif. Tenaga kerja dituntut untuk memiliki kemampuan yang lebih dibidangnya, serta memiliki daya saing yang kuat.Faktor manusia tetap merupakan unsur terpenting sebagai motor penggerak dari kemajuan zaman dan teknologi.Untuk mencapai SDM (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas tersebut perlu adanya ketekunan kerja, kemauan belajar yang keras, serta dibarengi dengan doa sebagai pelengkapnya.
Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, arus informasi dan kemajuan teknologi, maka sebagai manusia kita dituntut untuk mengetahui dan menguasainya.Oleh karena itu manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut.agar SDM tidak tertinggal dan bisa terus berpacu untuk memperbaiki kualitas diri demi kemajuan kehidupan manusia itu sendiri.
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi sebagai salah satu Instansi Pendidikan, dituntut untuk terus mendukung dan mempercepat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut.Pelaksanaan Job Training merupakan salah satu upaya untuk bekal menghadapi tantangan nyata akan ganasnya selektifitas dunia kerja.Sesuai kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi, mahasiswa diwajibkan menjalankan proses belajar melalui kegiatan Job Training di suatu perusahaan maupun instansi tertentu sesuai dengan bidang yang dipelajarinya.
Job training merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan kegiatan perkuliahan di UIN SUSKA Riau.Ini merupakan mata kuliah wajib yang harus diselesaikan, sebab hal ini juga merupakan salah satu yang menjadi syarat kelulusan bagi setiap mahasiswa fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi.Bertujuan untuk mempersiapkan tenaga terampil yang diharapkan dapat terjun langsung ke dunia kerja,atas pertimbangan  itulah Fakultas mengambil kebijakan dengan memberlakukan Job training sebagai salah satu dari aktivitas perkuliahan.
Selain hal yang sudah dipaparkan di atas, dengan adanya Job Training mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan semua ilmu yang didapat di bangku kuliah ke dalam lingkungan kerja sehingga secara tidak langsung hal tersebut dapat menjadi bekal ketika mahasiswa  nantinya sudah  benar- benar terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.
B.Tujuan Job Training
Adapun yang menjadi tujuan dari pelaksanaan Job Training ini adalah;
1.      Bagi Peserta Job Training
a.       Meningkatkan wawasan dan pengetahuan yang tidak didapat dibangku kuliah.
b.      Melatih diri mahasiswa untuk belajar berdisiplin dan mematuhi segala peraturan dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Rumah Sakit Jiwa Tampan sebagai tempat pelaksanaan Job Training.
c.       Sebagai wadah untuk belajar, bekerja, sebagai persiapan bagi mahasiswa       sebelum memasuki dunia kerja.
d.      Belajar membiasakan diri untuk bekerja secara professional dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh di bangku kuliah dengan bimbingan dari Kepala Humas dan Perlengkapan Rumah Sakit Jiwa Tampan.

2. Bagi Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
a.       Menjalin hubungan dan kerja sama antara Rumah Sakit Jiwa Tampan dengan UIN SUSKA Riau sebagai Lembaga Pendidikan yang menghasilkan tenaga kerja dengan dunia kerja sebagai lembaga yang menggunakan tenaga kerja.
b.      Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian professional dengan tingkat pengetahuan, keterampilan dan ethos kerja sesuai dengan tuntutan lapangan kerja

3. Bagi Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau
a.       Menjalin kerja sama yang baik antar instansi
b.      Menunjang Program HUMAS Rumah Sakit Jiwa Tampan dalam menjalankan peranan dan fungsinya.

C. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan Job Training dilaksanakan selama 2 bulan, yaitu mulai dari tanggal 06 Oktober – 28 Nopember 2011 bertempat di Rumah Sakit Jiwa Tampan Jl. HR Soebrantas KM.12,5 Pekanbaru  Provinsi Riau.

D. Manfaat
1. fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi
a.       Menjadikan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing dan siap pakai di dunia kerja yang tidak hanya berbekal ilmu pengetahuan tapi juga mempunyai keahlian dan sikap professional.
b.      Memberikan pengalaman kerja yang sangat bermanfaat sekali bagi mahasiswa dimasa yang akan datang.
c.       Terjalin kerjasama yang baik antara perusahaan tempat praktek Job training dengan Fakultas dakwah dan Komunikasi.
2.   Humas Rumah Sakit Jiwa Tampan Provinsi Riau
Dapat membantu kelancaran aktivitas kerja pada Humas RSJ Tampan misalnya membantu menyelesaikan Release Internal sebagai upaya publisitas ke dalam (intern) lembaga.

BAB II
GAMBARAN UMUM
RUMAH SAKIT JIWA TAMPAN PROVINSI RIAU
 





BAB III
LAPORAN KEGIATAN

Bulan Oktober
NO
HARI / TANGGAL
KEGIATAN
KETERANGAN
1
Kamis  / 06-10-2011
Orientasi Pengenalan Lokasi Magang


2
Jumat /07-10-2011
·   Menyusun berkas di Divisi TU dan Kepegawaian
·   Memfotocopy Lembar Surat Printah Tugas
·   Memfotocopy Kumpulan Bon Belanja Perlengkapan
·   Meberi Stempel Pada Surat Keluar


3
Sabtu / 08-10-2011
·   Memberi Nomor Surat Keluar Penyampaian Laporan Realisasi Laporan Triwulan III 2011
·   Menerima Surat Masuk Undangan Bimtek dari DPC Persatuan Para Pegawai Pajak
·   Menerima Undangan BIMTEK dari KEMENDAGRI


4
Senin / 10-10-2011
·   Menyusun Bon dan Kwitansi Servis Aset dan Belanja Perlengkapan
·   Mengetik Dokumen Bahan Presentasi Akreditasi RSJ


5
Selasa /11-10-2011
    Tidak Ada Kegiatan

Jadwal ke Kampus
6
Rabu / 12-10-2011
    Tidak Ada Kegiatan

Jadwal ke Kampus
77
Kamis/ 13-10-2011
·      Menyalin Rekap Pasien Bulan Agustus –Oktober 2011
·      Memfotocopy Bon Minyak
·      Memprint Bon Minyak

8
Jumat/ 14-10-2011
·      Mengambil Data Pasien di Ruang Gizi
·      Menyalin Rekap Pasien
·      Menyalin Rekap Pasien ke Board Depan


9
Sabtu / 15-10-2011
·      Mengisi Formulir Pajak PPh & PPn
·      Membuat Tabel Evaluasi Kotak saran
·      Mengisi Kwitansi Belanja Perlengkapan Kantor
·      Mengambil Data Pasien
·      Menyalin Rekap Pasien ke Board Depan


10
Senin / 17-10-2011
·      Mengambil Data Pasien ke Ruang Gizi
·      Membuat Laporan Permintaan Barang
·      Mengecek Saran Pelaggan di Kotak Saran
·      Membuat Revisi Daftar Evaluasi Saran
·      Membuat Laporan Realisasi Kegiatan


11
Selasa / 18-10-2011
Tidak Ada Kegiatan

Jadwal ke Kampus
12
Rabu / 19-10-2011
Tidak Ada Kegiatan

Jadwal ke Kampus
13
Kamis / 20-10-2011
·      Mengambil Data Pasien ke Ruang Gizi
·      Membuat Salinan Dokumen Belanja Barang dan Perlengkapan
·      Membuat Bon Minyak
·      Mengecek Kotak Saran


14
Jumat / 21-10-2011
·      Mengambil Data Pasien ke Ruang Gizi
·      Meneruskan Salinan Dokumen Belanja Perlengkapan
·      Memfotocopy Berkas Untuk Keperluan Akreditasi

15
Sabtu / 22-10-2011
Tidak Ada Pekerjaan


16
Senin / 24-10-2011
·      Mengambil Data Pasien ke Ruang Gizi
·      Membuat Salinan Dokumen Belanja Obat


17
Selasa / 25-10-2011
Tidak Ada Kegiatan

Jadwal ke Kampus
18
Rabu / 26-10-2011
Tidak Ada Kegiatan

Jadwal ke Kampus
19
Kamis / 27-10-2011
·      Mengambil Data Pasien ke Ruang Gizi
·      Merapikan Berkas di Ruangan HUMAS dan PERLENGKAPAN


20
Jumat / 28-10-2011
·      Mengisi kwitansi Belanja
·      Merevisi Program Tetap


21
Sabtu / 29-10-2011
·      Membuat Kuesioner
·      Meneruskan Revisi PROTAP
·      Memfotocopy Berkas


22
Senin / 31-10-2011
·      Memfotocopy kuisioner
·       Memfotocopy berkas perjanjian kerja
·      Menyebarkan Kuisioner
·      Memindahkan Berkas ke ruangan baru








Bulan Nopember
1
Selasa / 01-11-2011
Tidak Ada Kegiatan

Jadwal ke Kampus
2
Rabu / 02-11-2011
Tidak Ada Kegiatan

Jadwal ke Kampus
3
Kamis / 03-11-2011
·      Menyebarkan Kuesioner
·      Mengisi Daftar Evaluasi Kotak Saran
·      Memindahkan Barang ke Ruangan Baru
·      Mengambil Foto Kotak Saran
·      Mengambil foto Pengujung Yang Menyumbangkan Makan Siang Bagi Pasien RSJ Tampan
·      Mengambil Foto Kegiatan Pasien
·      Mengisi Kwitansi Belanja



4

Jumat / 04-11-2011

·      Membuat PROTAP
·      Mengisi Laporan Pertanggung jawaban Sarana dan Prasarana
·      Memfotocopy Kwitansi
·      Menyebarkan Kuesioner
·      Membuat analisis Sementara Kuesioner


5
Sabtu / 05-112011
·      Menyebarkan Kuesioner
·      Membuat analisis Sementara Kuesioner


6
Senin / 07-11-2011
·      Menyebarkan Kuesioner
·      Membuat PROTAP
·      Memfotocopy Berkas


7
Selasa / 08-11-2011
         Tidak Ada Kegiatan

Jadwal ke Kampus
8
Rabu /  09-11-2011
Tidak Ada Kegiatan

Jadwal ke Kampus
9
Kamis / 10-11-2011
·      Menyebarkan Kuesioner
·      Membuat PROTAP
·      Memfotocopy Berkas


10
Jumat / 11-11-2011
·      Menyebarkan Kuesioner
·      Membuat PROTAP


11
Sabtu / 12-11-2011
·      Menyebarkan Kuesioner
·      Mencari Data Tata Tertib Pengunjung di Warung internet
·      Mengolah Kuesioner
·      Mengambil Foto


12
Senin / 14-11-2011
·      Mengantar Berkas Ruang Rapat
·      Memfotocopy Kuesioner
·      Menyerahkan hasil Analisa Kuesioner ke Aula Akreditasi
·      Mengambil Foto Proses Akreditasi
·      Merapikan Berkas di Ruangan Baru  HUMAS
·      Mengetik Dokumen Biografi RSJ

13
Selasa / 15-11-2011
Tidak Ada Kegiatan

Jadwal ke Kampus

14
Rabu/  16-11-2011
Tidak Ada Kegiatan
Jadwal ke Kampus

15
Kamis / 17-11-2011
·      Membuat Press Release
·      Memprint Bon Minyak
·      Memfotocopy Berkas
·      Mengetik Protap


16
Jumat / 18-11-2011
·      Memfotocopy Buku
·      Meneruskan Press Release



17
Sabtu / 19-11-2011
·      Memfotocopy STNK
·      Membuat Surat Perintah Tugas
·      Mengambil Data ke Ruang Gizi


18
Senin / 21-11-2011
·      Memfotocopy Ulang Angket
·      Mengetik Data Inventaris Rumah Sakit


19
Selasa / 22-11-2011
Tidak Ada Kegiatan

Jadwal ke Kampus

20
Rabu / 23-11-2011
Tidak Ada Kegiatan

Jadwal ke Kampus

21
Kamis /24-11-2011
Menyalin Data Belanja Perlengkapan Rumah sakit


22
Jumat /25-11-2011
·      Merekap data Rumah Sakit Jiwa
·      Mengikuti Proses tinjauan Langsung Oleh Pihak Fakultas


23
Sabtu /26-11-2011
·      Merekap Data Rumah Sakit Jiwa
·      Mengecek Ulang Data Pegawai Rumah Sakit Jiwa Tampan


24
Senin / 28-11-2011
·      Mengambil Foto Copy Buku
·     Membuat Narasi Analisa Angket


25
Selasa / 29-10-2011
Penjemputan Mahasiswa Job Training
Selesai

 
BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan

Praktek Kerja Lapangan atau Job Training ini dilaksanakan agar mahasiswa dapat menerapkan ilmu dan teori serta keterampilan yang diperoleh selama masa perkuliahan ke lingkungan kerja.Disamping itu juga untuk menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi dunia kerja. Hal ini dimaksudkan agar para mahasiswa memperoleh kesiapan mental ketika sudah benar-benar terjun kedunia kerja yang sesungguhnya.

B.     Penutup

Penulis menyadari bahwa dalam penyajianya Laporan Job training ini masih banyak mengkoleksi banyak kekurangan. Untuk itu Penulis Mengharapkan  kritik dan saran dari para pembaca demi kesempurnaan Laporan ini.






Share this article :

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. ANDIKA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger